Waralaba Martabak Midi Salira

Waralaba Martabak Midi Salira

Bisnis kuliner masih tetap menjadi salah satu sektor usaha yang menggiurkan. Pangsa pasar yang besar membuat bisnis ini cukup prospektif. Namun, hal ini pun membuat persaingan di sektor kuliner makin sengit.

Ini terlihat dari perkembangan bisnis kemitraan martabak yang rupanya kini tak semanis dan segurih rasanya. Cukup banyak usaha kudapan ini memiliki perkembangan yang kurang moncer. Ada usaha yang tidak menambah gerai usahanya atau kembang kempis karena mulai kalah bersaing dengan usaha martabak lain yang ada di sekitarnya.

Martabak Midi Salira baru berdiri di awal tahun 2013 di Bekasi, Jawa Barat. Pada saat yang sama, Okki Indiyanto langsung menawarkan kemitraan. Menu yang ditawarkan adalah martabak yang ukurannya tidak terlalu besar ataupun kecil. Martabak buatan Midi Salira berdiameter 8 sentimeter (cm) per buah.

Setelah sekitar setahun berjalan, bisnis martabaknya kurang begitu berkembang. Total gerai  Martabak Midi Salira kini hanya tersisa dua. Padahal pada Januari tahun ini, gerai Martabak Midi Salira masih berjumlah tujuh gerai.

Dari dua gerai martabak yang saat ini ada, satu gerai milik mitra dan satu milik manajemen pusat. Kedua outlet tersebut terletak di daerah Bekasi. Kendalanya selama ini karena karyawan banyak yang keluar. Soal harga jual, Oki masih mematok harga sebesar Rp 10.000 per porsi.  Martabak ini bisa ditambahkan taburan seperti pasta stroberi, pasta blueberry, fla buah, sosis, hingga taburan abon.

Meski gerai makin berkurang, Okki masih tetap menawarkan kemitraan. Paket kemitraan yang ditawarkan masih tidak berubah. Paket A seharga Rp 6,75 juta dan paket B seharga Rp 7,5 juta. Pada paket A, mitra akan mendapat booth aluminium, perlengkapan memasak, bahan baku dan pelatihan karyawan. Sedangkan di paket B, mitra mendapat paket mirip dengan paket  A namun booth yang didapat bisa dibongkar pasang.

Dengan konsep seperti itu, booth paket B mudah untuk berjualan dengan berpindah-pindah lokasi seperti dari bazaar ke bazaar. Okki mengatakan, rata-rata omzet gerainya saat ini antara Rp 6 juta hingga Rp 7,5 juta per bulan. Laba bersih sekitar Rp 1,5 juta sampai Rp 1,8 juta per bulan. Menurut Okki, balik modalnya  paling lama delapan bulan.

Contoh Outlet

Info Kemitraan

Facebook. Martabak Salira

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ http://peluangusaha.kontan.co.id/news/bisnis-martabak-kurang-semerbak https://www.facebook.com/martabak.salira
Comments
Loading...