Waralaba Masuk Dalam RUU

Waralaba Masuk Dalam RUU

Rancangan Undang-undang (RUU) perdagangan yang sedang digodok Departemen Perdagangan direncanakan juga akan mengatur bisnis waralaba dan lisensi. Pendiri Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI), Amir Karamoy meminta pemerintah untuk membuat peraturan yang kuat.

Untuk mengatur bisnis waralaba agar dapat mendorong perkembangan bisnis yang adil. Hal itu penting karena menurut dia masih banyak waralaba melanggar PP No 16. tahun 1997 tentang usaha waralaba yang melarang pihak asing masuk ke tingkat kabupaten dan kotamadya.

Waralaba asing tidak peduli pada PP No.16 tahun 1997. Antara lain menetapkan secara jelas bahwa perjanjian waralaba harus dalam bahasa Indonesia. Dan berlaku dalam hukum Indonesia dan itu banyak yang melanggar. Oleh karena itu, PP saja tidak cukup melindungi pengusaha lokal sehingga diperlukan UU.

Selama ini, pertumbuhan waralaba lokal cukup pesat yaitu sebesar 7% setiap tahunnya sedangkan waralaba asing 15% pertahunnya. Meski demikian, jumlah pewaralaba lokal tumbuh lebih cepat dari pada asing. Dari sekitar 100 waralaba lokal, saat ini ada 3.000 pewaralaba.

Source https://www.merdeka.com/ https://www.merdeka.com/uang/waralaba-masuk-dalam-ruu-xgqguz8.html
Comments
Loading...