Waralaba Menjamur, Pemkot Bandung Siapkan Peraturan Baru

Waralaba Menjamur, Pemkot Bandung Siapkan Peraturan Baru

Menjamurnya bisnis Waralaba di Bandung, membuat Pemerintah Kota Bandung merasa perlu, untuk membuat peraturan daerah khusus tentang waralaba. Pemerintah Kota Bandung, menilai perlu adanya Perda khusus yang mengatur tentang bisnis waralaba, terutama tentang hubungannya dengan pengusaha kecil di Kota Bandung.

Menjamurnya bisnis waralaba di Kota Bandung, diharapkan tidak serta merta menumbangkan pengusaha kecil di sekelilingnya. Untuk itu, perlu ada regulasi yang tepat agar keberadaan bisnis waralaba menghadirkan manfaat tersendiri.

Misalnya, untuk pengusaha makanan cepat saji, diharapkan menggunakan ayam potong yang berasal dari peternak Kota Bandung. Dengan begitu, pengusaha ternak ayam lokal akan terbantu dengan adanya usaha waralaba tersebut.

Selain itu, Perda juga harus mengatur tentang izin mendirikan bisnis waralaba, sesuai dengan Permendagri No. 31 tahun 2008 tentang waralaba, yang menyatakan pengaturan izin waralaba ada di tangan Pemkot yang tahu tentang zonasi suatu kota.

Keberadaan bisnis waralaba sementara ini telah melibatkan pengusaha kecil. Jumlah waralaba di Kota Bandung sekitar 130-an waralaba asing dan 42 waralaba lokal, dengan penyerapan tenaga kerja per tahunnya sebanyak 900 orang.

Source https://www.merdeka.com/ https://www.merdeka.com/uang/waralaba-menjamur-pemkot-bandung-siapkan-peraturan-baru.html
Comments
Loading...