Waralaba Minimarket Indomaret

Waralaba Minimarket Indomaret

Indomaret merupakan jaringan ritel waralaba di Indonesia. Indomaret merupakan salah satu anak perusahaan Salim Group.

Indomaret adalah jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas area penjualan kurang dari 200 m2. Toko Indomaret pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada tahun 1988, dikelola oleh PT. Indomarco Prismatama. Tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah memiliki lebih dari 230 gerai. Jumlah gerai Indomaret hingga tahun 2015 adalah 11.400 gerai dengan rincian 60% gerai adalah milik sendiri dan sisanya waralaba milik masyarakat. Sampai dengan awal tahun 2017, jumlah gerai sebanyak 13.000 toko. Mitra usaha waralaba ini meliputi: koperasi, badan usaha dan perorangan. Indomaret tersebar merata dari Sumatera, Jawa, Madura, Bali, Lombok, Kalimantan dan Sulawesi. Motto perusahaan adalah “mudah dan hemat”.

Syarat dan Tahapan Usaha Franchise Minimarket Indomaret

A.Beberapa Syarat awal yang harus dipenuhi adalah

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Menyediakan ruang usaha ukuran 50- 200 M² (milik sendiri/sewa), luas minimal 50  M² khusus untuk lokasi  perkantoran, apartemen, SPBU, Rumah sakit, dan kawasan wisata.
  3. Memiliki NPWP dan PKP, serta kelengkapan perijinan lainnya.
  4. Biaya waralaba selama 5 tahun dan investasi peralatan toko.

B.Tahapan kerja sama :

1. Presentasi pertama

Supaya presentasi berjalan lebih efektif dan bisa langsung ditindak- lanjuti, bagi terwaralaba yang sudah memiliki usulan lokasi tempat usaha sebaiknya membawa fotocopy dokumen pendukung, seperti : Sertifikat Bangunan, IMB, KTP, KK, dan (jika sudah ada) SIUP, TDP, NPWP, PKP, serta denah lokasi. Pada presentasi pertama ini akan dijelaskan dengan detil mekanisme kerjasama, besarnya investasi, keuntungan per bulan dan sistem operasional toko.

2. Presentasi kedua

Pada presentasi kedua akan dipaparkan hasil survey kelayakan dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang mengarah pada besarnya nilai investasi. Biasanya pada presentasi kedua ini dilanjutkan dengan penandatanganan MoU (Nota Kesepakatan) yang mencakup butir- butir pembagian tugas antara pihak Indomaret dengan terwaralaba dalam mempersiapkan pembukaan toko, mulai dari pengurusan perijinan, renovasi bangunan, pembelian peralatan toko, seleksi dan training karyawan, serta termin pembayaran.

3. Pembukaan Toko

Setelah semua item kesepakatan direalisasikan, maka toko siap dibuka dengan program promosi yang ditetapkan Indomaret. Segera setelah toko buka, akan ditandatangani Surat Perjanjian Waralaba untuk jangka waktu 5 tahun.

Keuntungan Usaha Franchise Indomaret

  1. Transformasi Pengetahuan
    Bergabung dengan Indomaret, akan banyak diperoleh pengetahuan bisnis toko modern dan sekaligus menempatkan Anda sebagai pelaku bisnis.
  2. Bergabung bersama Brand yang dikenal masyarakat luas. Indomaret merupakan pionir ritel minimarket terbesar yang sudah memiliki jaringan distribusi terbesar di Indonesia.
  3. Potensi Pasar. Survey lokasi dari Indomaret akan memperkaya wawasan mengenai potensi dan strategis tidaknya suatu lokasi.
  4. Tidak full time. Dukungan sistem operasional toko yang terintegrasi, membuat para investor tidak perlu terlibat secara full time dalam operasional toko ataupun meninggalkan pekerjaan sebelumnya.
  5. Peluang Berkembang. Investor dapat memiliki lebih dari 1 (satu) toko dengan tingkat kesibukan yang sama dan dapat diatur.

Contoh Outlet Indomaret

                      Indomaret Bandung
                        Indomaret Medan
                           Indomaret Cibarusah

Informasi peluang usaha franchise minimarket Indomaret, bisa mengunjungi link sumber artikel di http://indomaret.co.id/waralaba

Source Indomaret wikipedia usaha franchise
Comments
Loading...