Waralaba Obree’s Cafe

Waralaba Obree’s Cafe

Nongkrong di kafe sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern. Kafe acapkali menjadi tempat kongkow, rapat, berdiskusi, belajar, bahkan bekerja. Maka, tidak mengherankan jika gerai kafe kini semakin menjamur di kota-kota besar dalam beberapa tahun terakhir.

Untung Prayitno tergiur terjun ke bisnis kafe dengan brand Obree’s Cafe. Kafe di bawah naungan CV Golden Buana ini bermarkas di Kota Legenda, Bekasi, Jawa Barat. Berdiri tahun 2009, Obree’s Cafe resmi menawarkan kemitraan pada 2011. Ia membuka kerjasama dengan konsep kafe shop.

Obree’s Cafe mengandalkan menu kopi, seperti kopi luwak, premium black cofee, dan chifet coffee, serta bermacam milkshake. Selain itu, tersedia juga aneka makanan ringan, semisal zuppa soup, lasagna dan spageti.

Kopi dan makanan di kafe ini berbanderol harga mulai Rp 12.000 hingga 26.000 per menu. Harga kopi di kafe ini untuk kalangan menengah ke bawah. Untung menawarkan satu paket kemitraan dengan investasi senilai Rp 80 juta.

Mitra mendapatkan peralatan lengkap, seperti kafe maker machine, etalase kafe, booth, kursi, serta bahan baku awal sebanyak 100 gelas. Kantor pusat juga akan mendekorasi ruangan sesuai dengan branding kafe. Yang diutamakan adalah suasana dan kenyamanan para pengunjung.

Mitra bisa mengantongi omzet hingga  Rp 1,5 juta per hari, atau Rp 45 juta per bulan. Jika omzet tercapai, mitra bisa balik modal dalam enam bulan. Dengan asumsi, mitra bisa meraup laba bersih sekitar 35% dari omzet.

Labanya cukup besar karena biaya bahan baku sangat kecil, yakni sekitar 20% dari total omzet. Untuk standardisasi produk, mitra wajib membeli bahan baku dan bumbu dari kantor pusat. Kantor pusat juga akan memberi pelatihan karyawan, dan mengiklankan kafe milik mitra hingga dikenal luas masyarakat.

Amir Karamoy, Ketua Komite Tetap Waralaba dan Lisensi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menilai, prospek bisnis kafe masih menjanjikan, terutama di kota-kota besar. Namun, ingat: persaingan bisnis ini sudah semakin ketat.

Di segmen menengah bawah, misalnya, sudah ada pemain yang cukup ekspansif seperti 7-Eleven. Bahkan, Harga kopi di 7-Eleven bisa lebih murah lagi. Obree’s Cafe harus memiliki keunikan yang para pelanggan mengingatnya.

Rasa kopinya berbeda dan lebih enak dibandingkan dengan kopi lain. Selain itu, suasananya juga harus berbeda, seperti ada video yang bisa ditonton secara gratis. Kafe yang menyasar kelas menengah harus mencari kekhasan sendiri agar bisa bersaing.

Info Kemitraan

Obree’s Cafe

Jl. Bima Buana Utama No 111 Perumahan Dukuh Bima, Kota Legenda, Bekasi

HP: 083892127460

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ https://peluangusaha.kontan.co.id/news/menjajaki-peluang-bisnis-warung-kopi
Comments
Loading...