Waralaba Orchi Fried Chicken

Waralaba Orchi Fried Chicken

Kuliner fried chicken sudah lama ngetop dan popular di tanah air. Lihat saja, tak terhitung berapa banyak brand ayam goreng yang dijajakan oleh pengusaha kuliner lokal maupun brand impor. Meski persaingan kian ketat seiring pemain di bisnis ini yang makin banyak, namun, bisnis ayam goreng tepung masih lumayan renyah. Beberapa bisnis ayam goreng terutama yang menawarkan kemitraan, kini semakin berkembang. Ini terlihat dari jumlah mitra yang semakin meningkat.

Bisnis ayam goreng tepung ini mulai berdiri pada 2007 dan menawarkan kemitraan sejak September 2009. Perkembangan usaha Orchi Fried Chicken (OFC) cukup pesat. Pada Juli 2010, total gerai OFC ada 90 gerai. Sekarang, setelah tiga tahun berlalu, OFC sudah memiliki 297 gerai yang tersebar dari Jakarta, Nusa Tenggara Timur hingga Papua.

Meskipun gerai bertumbuh pesat, Nursanti Rukmana (26), pemilik OFC menuturkan, beberapa gerai OFC sempat tutup. Penyebab utamanya ialah kekurangan karyawan. Kalau ada karyawan yang berhenti kerja, otomatis gerai tutup karena mitra saya kebanyakan bekerja jadi tidak bisa menjalankan usahanya sendiri.

Salah satu keunggulan bisnis OFC adalah paket investasi yang relatif terjangkau. Dulu, OFC hanya menawarkan satu paket investasi senilai Rp 8 juta. Saat ini, ada empat paket kemitraan yang ditawarkan OFC yakni paket Rp 10 juta, Rp 11 juta, Rp 15 juta, dan paket Rp 19,5 juta.

Untuk paket Rp 10 juta dan Rp 11 juta, mitra akan mendapatkan perlengkapan untuk menjajakan ayam goreng tepung saja. Perbedaannya terdapat pada jenis gerobak yang diberikan pada mitra. Sementara, jika mengambil paket Rp 15 juta, mitra bisa menjual ayam goreng dan ayam bakar. Adapun paket terakhir bernilai Rp 19,5 juta, mitra menjual ayam goreng, burger, kentang, dan es teh.

Setelah lebih dari tiga tahun berdiri, harga jual ayam goreng di OFC sudah merangkak naik. Sekarang, OFC menjual berbagai menu yang ditawarkan dengan harga Rp 6.000- Rp 12.000 per porsi. Nursanti bilang, mitranya rata-rata mengantongi omzet Rp 500.000-Rp 2 juta per hari. Atau dalam sebulan, omzet yang diraup sekitar Rp 15 juta hingga Rp 60 juta, tergantung lokasi.

Ke depannya, ia tidak berencana menambah menu atau paket investasi OFC. Namun, Nursanti berencana menambah lini bisnis baru yang masih bergerak di bidang kuliner, yakni bubble drink dan cappuccino cincau. Targetnya, tahun ini mulai diluncurkan tapi belum tahu waktu pastinya.

Pengamat waralaba Khoerusalim Ikhsan menilai, pertumbuhan jumlah mitra maupun gerai bisnis ayam goreng atau fried chicken  terbilang cukup pesat. Penyebabnya adalah permintaan masyarakat yang masih tinggi terhadap daging ayam. Daging ayam merupakan merupakan kebutuhan masyarakat di semua segmen, dari bawah, menengah hingga segmen atas. Sehingga wajar jika waralaba ayam goreng atau fried chicken terus berkembang.

Bisnis ayam goreng masih akan menjanjikan sepanjang tahun 2014 ini. Kendati pemain bisnis ayam goreng  makin banyak, dia menilai bisnis ini akan tetap bisa menguntungkan. Yang perlu diperhatikan dalam bisnis ayam goreng melalui kemitraan adalah pada cara atau sistem masing-masing.

Jika setiap gerai atau booth dikelola dengan sistem yang menarik dan efisien, maka pengusaha ayam goreng masih akan bisa meraup keuntungan yang menjanjikan. Jadi pelajari sistem yang berlaku. Walaupun biaya operasional bakal melambung tinggi seiring kenaikan harga produk dan bahan bakar gas elpiji, Khoerussalim bilang kebutuhan akan ayam goreng di Indonesia akan tetap tinggi.

Jadi ke depan, tantangan pelaku bisnis ayam goreng bukan pada permintaan masyarakat yang menurun tapi pada harga jual dan pasokan ayam. Jika harga ayam naik maka akan mempengaruhi pendapatan para pemain bisnis ini. Jadi untuk menjaga bisnis ini tetap berjalan baik, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana pasokan ayam tetap lancar.

Contoh Outlet

Info Kemitraan

AlamatJl. Pulo Gebang No.43 Rt.4 Rw.3, RT.5/RW.3, Pulo Gebang, Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13950
Telepon0813-1160-6060

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ http://peluangusaha.kontan.co.id/news/usaha-ayam-goreng-masih-gurih https://www.google.co.id/search?sa=X&biw=1280&bih=844&q=orchi+chicken+alamat&stick=H4sIAAAAAAAAAOPgE-LRT9c3LDQzyy3JLjfXks1OttLPyU9OLMnMz4MzrBJTUopSi4sB54h5Ji8AAAA&ved=0ahUKEwiV2JSEw-rYAhWBN48KHexIAQgQ6BMInQEwFA
Comments
Loading...