Waralaba Proban Motorparts

Waralaba Proban Motorparts

Kondisi jalanan yang macet menjadikan sepeda motor sebagai moda transportasi favorit banyak orang. Tak heran, peningkatan populasi sepeda motor sangat signifikan mendatangkan berkah tersendiri bagi pelaku usaha penyedia perlengkapan sepeda motor. Salah satunya toko khusus ban yang belakangan diminati masyarakat untuk mengganti ban.

PT Proban Ostburg Trisakti atau Proban Motorparts membuka gerai pertamanya pada Juli 2014. Perusahaan yang berkantor di Jalan Palmerah Barat ini hadir bukan hanya menyediakan berbagai jenis ban, tapi juga aki dan oli merek ternama. Teddy Gumilang, Asisten Manager Business Development Proban Motorparts menegaskan jika Proban Motorparts hadir bukan sekedar ikut-ikutan toko khusus ban yang sudah ada, melainkan memenuhi permintaan masyarakat yang menginginkan toko khusus ganti ban yang nyaman dan juga aman bagi kendaraan.

Proban Motorparts Tawarkan One Stop Service

Proban Motorparts hadir di lima wilayah di Kelapa Dua, Cukupa, Karawaci, Kota Bumi, dan Pondok Aren Tangerang, Banten. Dengan memberikan pelayanan one stop service, biker bisa mengganti ban, aki dan oli di satu tempat. Tak kurang dari 14 jenis merek ban ditawarkan, begitu juga dengan aki dan oli berkualitas. “Merek ban yang kami sediakan di antaranya Michelin, FDR, Zeneos, IRC, Corsa. Akinya merek Yuasa, Indo Battery, GS Astra, dan olinya Federal parts, Yamahalube, dan Pertamina Enduro,” ungkapnya.

Yang membedakan Proban Motorparts dengan kompetitor adalah setiap pembelian ban, konsumen tak perlu membayar pentil maupun pengisi udara/nitrogen. Proban Motorparts memberikan gratis dan berlaku selama pemakaian ban dan di seluruh cabang Proban Motorparts. Proban Motorparts juga menyediakan konsultasi gratis bagi konsumen yang ingin mengganti ban yang cocok untuk si kuda besinya dan juga perawatannya. Biasanya banyak pengguna motor baru yang ingin mengganti ban motor pabrikan dengan ban tubeless namun belum tahu ban merek apa yang cocok, di sinilah Proban Motorparts akan memberikan konsultasi pada konsumen.

Jika harga produk yang dijual lebih hemat lebih dari 10% jika dibandingkan kompetitor. Untuk harga ban dijual mulai dari Rp 119 sampai Rp 488 ribu per ban sedangkan harga kampas rem mulai dari Rp 25 ribu, oli mulai dari Rp 31 ribu dan aki mulai dari Rp 125000.

Meski terbilang anak baru di bisnis penjualan ban sepeda motor, satu outlet gerai rata-rata bisa mencetak omset Rp 200 juta tiap bulannya. Tak heran dalam setahun, Proban Motorparts berkembang menjadi 14 outlet yang tersebar di Jabodetabek.

Peluang Bisnis Menjadi Mitra Usaha Proban Motorparts

Proban Motorparts membuka kerjasama kemitraan bagi siapa calon pengusaha yang tertarik membuka usaha khusus ban sejak Maret 2015. Investasi yang perlu disiapkan calon mitra sebesar Rp 290 juta. Investasi tersebut termasuk penggunaan merek dagang Proban Motorparts yang telah dipatenkan di Dirjen HAKI selama lima tahun. Mitra juga akan mendapatkan berbagai perlengkapan usaha mulai dari produk (25% dari investasi), mesin dan peralatan operasional, usaha, renovasi interior, renovasi fasade bangunan, IT sistem, signage, rak gudang, rak display, dan tentunya dibantu promosi serta marketing.

Mitra tak perlu pusing mencari teknisi berpengalaman, karena Proban Motorparts telah menyediakan 4 orang teknisi terampil siap kerja. Untuk saat ini paket, teknisi hanya untuk wilayah Jabodetabek, sedangkan untuk luar kota akan diberikan pelatihan karyawan. Namun yang perlu diketahui, investasi tersebut tidak termasuk sewa lahan, legalitas, dan perpajakan.

Bagi calon mitra yang tak memiliki pengalaman mengelola usaha, tak perlu khawatir, karena manajemen akan diurus manajemen Proban Motorparts pusat dengan keuntungan seluruhnya untuk mitra. “Manajemen hanya mendapat management fee 1,2 % dari omset tiap bulannya dan biaya promosi 0,8% / bulan. Namun untuk pembagian keuntungan akan dikenakan apabila omset mitra mencapai omset mencapai Rp 120 juta per bulan. Mitra juga wajib membeli semua kebutuhan usaha mulai dari ban, aki, kampas rem, dan oli kepada pihak Proban Motorparts.

Meski investasi terbilang besar, namun Teddy meyakinkan jika usaha ini memiliki prospek yang cerah. Berdasarkan data jumlah penjualan sepeda motor baru rata-rata sebanyak 7,6 juta unit/tahun dan jumlah bengkel motor baru rata-rata 269 outlet/tahun. Dari jumlah tersebut Teddy meyakinkan usaha ini akan balik modal sekitar tiga tahun. Dari hitungan mitra bisa balik modal dalam waktu 3 tahun 10 bulan. Tapi tergantung lokasi, karena bisa lebih cepat dari 3 tahun 10 bulan dengan asumsi setiap satu bulannya mitra mampu meraih omset mulai dari Rp 90 juta – Rp 350 juta.

Kendala dan Promosi Usaha

Proban gencar melakukan promosi untuk menarik konsumen. Beberapa bulan ke depan, Proban Motorparts memberikan poin bagi member tanpa dipungut biaya ini. Konsumen akan mendapatkan 1 poin setiap kelipatan transaksi Rp 1000 yang bisa ditukar dengan produk-produk tertentu di semua toko Proban Motorparts. Selain itu, bagi konsumen yang mebeli dua ban akan mendapatkan cashback Rp 25 ribu. Proban Motorparts juga gencar berpromosi dengan mengikuti beberapa pameran waralaba dan beriklan di media serta membagikan brosur dan berbagai promo tiap bulannya. 

Contoh Gerai PT Proban Ostburg Trisakti

Info Lebih Lanjut Hubungi

PT Proban Ostburg Trisakti
Jalan Palmerah Barat No. 8 Kel. Grogol Utara Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
Website: www.pro-ban.com
Email: francise@pro-ban.com
Tlp : 021 530 6869 / 5308151 ext 133/226

Source Waralaba Proban Motorparts Proban Motorparts, Waralaba Ban Motor Dengan Konsep One Stop Service
Comments
Loading...