Waralaba Prootea

Waralaba Prootea

Minuman teh sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sejak zaman dahulu. Seiring berjalannya waktu, proses dan penyajian minuman teh terus berkembang. Tidak hanya disajikan panas, teh dingin kini juga diminati. Beberapa tahun terakhir, banyak pengusaha yang menyajikan inovasi penyajian teh dengan tambahan aneka rasa buah maupun dengan campuran cokelat maupun susu.

Itu sebabnya pilihan minuman di masyarakat makin banyak. Sejumlah pengusaha minuman teh ini menawarkan kemitraan usaha untuk mengembangkan usaha. Namun, persaingan yang kian sengit serta harga bahan baku yang meningkat menjadi beberapa kendala.

Pelaku usaha lainnya adalah Said Anish Anhari yang mengusung bendera usaha Prootea dibawah bendera CV Segarindo Abadi. Usaha ini berdiri pada Januari 2015 di Bogor, Jawa Barat dan menawarkan kemitraan pada waktu yang sama.

Pada Mei 2015, gerai yang dimiliki oleh Prootea ada sembilan unit. Terdiri dari tujuh gerai milik mitra dan dua gerai lainnya milik pusat. Kini, gerai usaha Prootea sudah bertambah menjadi 57 gerai. Ia menargetkan bisa menggandeng tujuh mitra tiap bulan.

Kini Anish menambah paket investasi kemitraan. Hal ini agar calon mitra bisa memilih pilihan paket yang lebih banyak. Sebelumnya, ada empat paket investasi yaitu paket klain booth senilai Rp 5,3 juta, paket klain booth plus senilai Rp 5,8 juta, paket medium booth senilai Rp 6,8 juta dan paket medium booth plus senilai Rp 7,4 juta.

Keempat paket tersebut akan mendapat bahan baku 300 pieces, perlengkapan usaha. Perbedaannya terletak pada perlengkapan yang didapat mitra. Seperti untuk paket klain booth plus mitra akan mendapatkan laci, paket medium booth mitra akan dapat mesin sealer dan paket medium booth plus, mitra akan mendapatkan mesin sealer dan laci.

Kini ada tambahan paket lain, yaitu paket mini kafe senilai Rp 20 juta hingga Rp 35 juta dan paket motorbooth senilai Rp 6,25 juta. Untuk paket mini kafe mendapat bahan baku tiga kali lebih banyak dari paket yang lebih murah, sementara paket motorbooth mendapatkan desain booth yang berbeda.

Kerjasama ini masih sama, yaitu bersifat selamanya dan tidak dipungut biaya royalti tiap bulan. Hanya saja, mitra harus membeli bahan baku ke pusat. Anish mengatakan varian minuman yang disediakan Prootea ada enam rasa seperti teh original, jeruk, mangga, lemon, teh susu dan leci. Untuk harga jual mengalami kenaikan yang sebelumnya Rp 2.500-Rp 3.000 per gelas, sekarang dijual Rp 3.000-Rp 4.000 per gelas.

Anish masih menghadapi kendala dalam mengembangkan usaha. Misalnya, kendala  modal usaha untuk mengembangkan gerai pusat dan menjalankan strategi pemasaran. Saat ini Anish sedang mengurus pinjaman modal untuk mengembangkan bisnis dan tetap gencar menggunakan sosial media untuk berpromosi. Di samping itu, cuaca juga menjadi kendala. Belakangan ini sering hujan dan menurunkan penjualan minuman dingin. Sebagai antisipasi, Anish menyediakan teh panas, di luar minuman dingin.

Contoh Outlet

Info Kemitraan

Jl. Raya trosobo perum pejaya anugrah blok c18 Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia

Highlights info row image085733319247 (RAHMAN) /091290949040 (ANISH)

Facebook. Prootea

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ http://peluangusaha.kontan.co.id/news/menakar-lagi-kedai-minuman-teh https://www.facebook.com/prootea/
Comments
Loading...