Waralaba Salon Mobil Carwax

Waralaba Salon Mobil Carwax

Pertumbuhan jumlah kendaraan roda empat yang melintas di jalan raya mendongkrak bisnis jasa perawatan mobil. Maklum, secara berkala pemilik mobil memang harus memandikan mobilnya agar selalu tampil bersih dan cantik.

Agar praktis, tidak sedikit dari mereka yang membawanya ke salon mobil. Oleh karena itu, prospek salon mobil pun kian merekah. Itulah yang mendorong Johan Salim mendirikan usaha salon mobil bernama Salon Mobil Carwax pada 2010 di BSD City, Serpong.

Pada saat yang sama dia pun menawarkan kemitraan usaha kepada masyarakat. Hingga kini, Carwax sudah memiliki tujuh gerai, yakni lima gerai di antaranya adalah milik mitra dan sisanya milik pusat. Calon mitra harus merogoh kocek minimal sebesar Rp 50 juta untuk menjalankan usaha ini.

Dengan paket investasi sebesar itu, mitra akan mendapatkan peralatan poles mobil, yaitu mesin poles, vakum, toolkit, desain outlet, pemasangan lampu, banner, produk start-up sebanyak enam buah, serta pelatihan karyawan. Paket investasi itu di luar sewa tempat.

Salon Mobil Carwax menawarkan jasa salon mobil pada umumnya, meliputi poles mobil, interior and detailing, scratch removal, stain removal, dan sebagainya. Selain itu, salon mobil Carwax juga dapat membersihkan mobil pasca terkena banjir.

Rata-rata dalam sehari ia bisa menerima lima hingga tujuh pelanggan. Tarif jasa beragam, mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 700.000. Mitra bisa mendapatkan omzet Rp 50 juta per bulan dengan estimasi laba bersih sebesar 20% dari total omzet.

Johan memprediksi mitra bisa balik modal paling lama dua tahun. Dia tidak menarik biaya royalti dalam kerjasama ini. Jika tertarik membuka usaha ini, setidaknya Anda harus menyiapkan luas ruangan minimal sebesar 8 meter (m) x 5 m dengan jumlah karyawan sekitar tiga hingga empat karyawan.

Mitra wajib membeli produk-produk poles merek Mark V ke pusat seharga Rp 850.000 per galon. Biasanya satu galon bisa untuk memoles 40 mobil–50 mobil. Jadi dalam sebulan mitra hanya wajib beli satu atau dua galon.

Kelebihan Carwax adalah penggunaan toolkit yang modern. Selain itu, pengalamannya berkecimpung di bisnis ini sejak 2008 membuatnya mudah melatih SDM untuk mitra. Meskipun obat polesnya bagus, namun hasil poles yang baik ditentukan seberapa banyak pengalaman SDM. Hingga akhir tahun, Johan menargetkan ada penambahan sebanyak tiga mitra.

Amir Karamoy, pengamat waralaba, berpesan, lantaran persaingan cukup tinggi, sebelum terjun ke bisnis poles mobil hendaknya calon mitra harus menelisik keunikan dan kelebihan pewaralaba terlebih dulu. Supaya mitra bisa bersaing dengan yang lain.

Info Kemitraan

Salon Mobil Carwax

Komplek Minimalis Blok C No, 7, BSD Citi, Serpong.

HP: 087885215929

Source http://jaringan-anak-negeri.blogspot.com/ http://jaringan-anak-negeri.blogspot.com/2016/03/laba-kinclong-dari-bisnis-salon-mobil.html
Comments
Loading...