Waralaba Sato Motor

Waralaba Sato Motor

Bisnis bengkel sepeda motor merupakan salah satu bisnis yang tidak ada matinya. Semakin meningkatnya jumlah pengguna sepeda motor tentu membuat target pasar usaha bengkel menjadi semakin besar. Melihat peluang bisnis yang besar, Sato Motor hadir untuk memenuhi permintaan masyarakat akan jasa perawatan sepeda motor. Sato Motor hadir dengan konsep one stop service memberikan pelanggan pilihan akan jasa bengkel berkualitas.

Sejak pertama beroperasi pada Mei 2014, Sato Motor langsung mendapat respons yang baik dari masyarakat sekitar. Bagaimana tidak, meski baru berumur setahun namun Sato Motor memiliki pengalaman panjang di dunia bengkel selama lebih dari 12 tahun. Berbekal pengalaman tersebut, Sato Motor ingin melebarkan sayap usaha lewat kerja sama waralaba. Terlebih setelah melihat masyarakat semakin banyak yang melek dengan kerja sama waralaba.

Sato Motor bergegas melengkapi perizinan yang dibutuhkan seperti membuat SOP (Standard Operating Procedure), mendaftarkan brand Sato Motor ke Ditjen HAKI (Hak Kekayaan Intelektual), hingga mendirikan PT Sato Dinamika Global. Sejak diwaralabakan pada Juni 2015, kini Sato Motor telah memiliki 1 terwaralaba di Jakarta. Saat ada sekitar 20 terwaralaba yang siap membuka gerai Sato Motor, dalam waktu dekat ini akan segera launching di Cilegon, Jawa Barat.

Sato Motor Tawarkan One Stop Service

Sato Motor menawarkan jasa perawatan dan perbaikan berbagai merek dan jenis motor mulai dari matic, motor bebek, motor sport, hingga moge (motor Gede). Jasa servise nya sendiri meliputi servis kecil, servis besar, pergantian sparepart, turun mesin, dan pergantian oli dan ban. Untuk servis sendiri, tarif yang ditawarkan Rp 30 ribu sampai Rp 50 ribu tergantung jenis motor. Sato Motor memberikan pelanggan layanan one stop service untuk semua kebutuhan perawatan sepeda motor.

Pelanggan tak perlu khawatir dengan kualitas pelayanan Sato Motor, pasalnya semua mekanik yang ada di Sato Motor merupakan tenaga terampil dan terlatih. Semua mekanik Sato Motor diberikan pelatihan secara berkala untuk meningkatkan skill mereka, jadi pelanggan tidak perlu khawatir dengan kualitas servis Sato Motor.

Sato Motor menyediakan pilihan sparepart mulai dari kualitas genuine part dan non genuine dengan harga yang lebih terjangkau. Meski begitu pelanggan tak perlu khawatir dengan kualitas sparepart non genuine yang ditawarkan, pasalnya sparepart tersebut sudah lolos uji pemakaian oleh Sato Motor. Sato Motor memberikan garansi servis dan sparepart non genuine selama 2 minggu, kalau genuine tidak perlu digaransi karena kualitasnya sudah pasti bagus.

Adi mengklaim Sato Motor memiliki sparepart yang lebih lengkap dibanding bengkel resmi, sehingga pelanggan tidak perlu memesan (inden) sparepart yang dibutuhkan. Biasanya untuk servis besar ada beberapa sparepart yang harus inden jika di bengkel resmi. Namun di Sato Motor semua sparepart sudah tersedia sehingga pelanggan tidak perlu menunggu untuk mendapatkan sparepart yang dibutuhkan,. Tidak heran bila Sato Motor mampu melayani 50 – 100 motor per hari.

Peluang Bisnis Menjadi Mitra Sato Motor

Investasi yang dibutuhkan utnuk menjadi terwaralaba Sato Motor adalah sebesar Rp 500 juta. Nominal tersebut sudah termasuk franchise fee sebesar Rp 50 juta, biaya start up, arena sparepart, stock sparepart awal, set up bengkel dan perlengkapan (10 pit area, 4 bike lift), instalasi (komputer, router, kamera CCTV, TV exhaust fan), meja counter, 20 buah kursi ruang tunggu, meja makan, 2 buah locker, shop sign, serta training mekanik dan customer service.

Investasi tersebut di luar sewa tempat dan berlaku untuk kontrak kerja sama selama lima tahun yang dapat diperpanjang dengan membayar franchise fee yang berlaku pada saat perpanjangan kontrak. Terwaralaba juga diwajibkan mengurus semua legalitas yang diperlukan serta menyiapkan lokasi dengan luas minimal 10 – 15m2. Menariknya, terwaralaba tidak perlu repot mengurus bengkel miliknya karena semua operasional dikerjakan oleh pewaralaba. Hal ini untuk meminimalisir kegagalan bila operasional bengkel dijalankan oleh terwaralaba. Terwaralaba akan menerima laporan keuangan setiap bulannya saja.

Terwaralaba dikenakan royalty fee yang bersifat progresif antara 1%-4% tergantung dari omset setiap bulannya. Sato Motor menargetkan terwaralaba dapat balik modal dalam 2 tahun dengan keuntungan bersih mencapai Rp 20,8 juta/bulan. Untuk mencapai target tersebut terwaralaba akan diberikan proteksi wilayah serta disarankan membuka gerai dekat dengan pemukiman, perkantoran, pusat perdagangan, atau kawasan industri. Lokasi yang diajukan terwaralaba akan kita survei terlebih dahulu, jika tidak bisa balik modal dalam 2 tahun maka kita tidak akan buka di lokasi tersebut.

Persaingan Usaha

Persaingan di usaha bengkel sangat ketat. Tidak hanya harus bersaing dengan bengkel resmi saja, tetapi juga bersaing dengan bengkel pinggir jalan serta bengkel spesialis sparepart tertentu. Guna memenangkan persaingan tersebut Sato Motor terus meningkatkan kualitas serta memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan.

Selain meningkatkan kualitas, guna menghadapi persaingan Sato Motor juga gencar melakukan promo dengan membuat member card. Bagi member akan mendapatkan point member untuk setiap transaksi yang nantinya bisa ditukar dengan beragam hadiah berupa sparepart atau gratis servis. “Member card ini bentuknya seperti gantungan kunci yang dilengkapi barcode yang sangat stylist dan berisi data dan riwayat servis kendaraan pelanggan,” pungkasnya.

Info Lebih Lanjut Hubungi

Sato Motor
Jl. Meruya Ilir No. 37 Jakarta Barat
Telp : (021) 5871550, 081314046139
Web: www.satomotor.com

Source Waralaba Sato Motor Sato Motor
Comments
Loading...