Waralaba Siomay Hotmama

Waralaba Siomay Hotmama

Kudapan siomay memang tak asing lagi di lidah orang Indonesia. Olahan ikan ini sangat digemari. Buktinya, penjaja siomay dengan mudah ditemui. Mulai kelas gerobak, hingga resto di pusat belanja. Banyak pengusaha tertarik terjun pada bisnis kuliner ini. Selain pasar yang besar, penyajiannya cukup mudah. Tak heran, setelah menjalankan usahanya beberapa saat, mereka lantas menawarkan kemitraan.

Usaha ini didirikan Heta Devahayu di Yogyakarta pada tahun 2011. Setelah tiga tahun berjalan, Deva baru berani menawarkan kemitraan. Pada Oktober 2015, Siomay Hotmama sudah membuka lima gerai mitra. Saat ini, gerainya sudah berjumlah delapan.

Harga paket yang terjangkau menjadi daya tarik mitra. Oleh karena itu, dia tak mengubah nilai paket kemitraannya. Ada tiga paket, senilai Rp 2,5 juta, Rp 4,5 juta dan Rp 7,5 juta.Untuk paket Rp 2,5 juta, mitra akan mendapat hak menggunakan merek Siomay Hotmama, flyer, x-banner, bahan baku awal 150 porsi dan pelatihan karyawan.

Sementara paket Rp 4,5 juta, mitra dapat bahan baku 240 porsi, ditambah gerobak kecil. Untuk paket Rp 7,5 juta, bahan baku tersedia untuk 350 porsi dan gerobak outdoor. Namun, paket investasi itu tidak termasuk tempat usaha.

Mitra harus menyiapkan ruang berukuran 2×3 m2 dan seorang karyawan. Sistem kemitraan masih sama, yaitu berlangsung selamanya, selama mitra berbelanja bahan baku ke pusat. Pusat tidak mengutip biaya royalti.

Deva juga menawarkan sistem reseller. Untuk pembeli yang ingin menjadi reseller, hanya perlu menjual 10 pak siomay beku dengan harga Rp 38.000 berisi 20 pieces. Nantinya, reseller bisa menjual dengan harga sendiri dan bisa memasarkan ke kafe, katering, sekolah dan lain-lain. Saat ini sudah ada reseller yang bergabung dari Brebes dan Tegal.

Selain menawarkan kemitraan dan reseller, Deva juga menyajikan menu camilan baru. Sebelumnya, ada menu siomay ayam original, siomay ayam udang, dan siomay goreng mayo. Saat ini, ada menu baru seperti siomay kenyil dan cilok bohay yang dikemas dalam kondisi beku.

Harga siomay kenyil Rp 6.000 per porsi dan siomay lain Rp 10.000 per porsi. Meski kemitraan usaha Siomay Hotmama berkembang, Deva menyebut ada kendala yang dihadapi yakni, proses pengiriman. Sebab, siomay tak menggunakan pengawet.

Oleh karena itu, Deva tak menerima mitra di daerah yang tak terjangkau travel. Karena kalau pakai ekspedisi makanan bisa basi. Tahun 2017, Deva berencana mengembangkan kemitraan gerobak motor dan akan beroperasional setelah Lebaran di Pekalongan.

Contoh Outlet

Info Kemitraan

PIN. 5B4E4879

WA/SMS. 085600601083

Source Waralaba Siomay Hotmama Siomay Hotmama
Comments
Loading...