Waralaba Siomay Menteng

Waralaba Siomay Menteng

Usaha Siomay Menteng dirintis oleh Ferryano Prawirakusuma pada 2001 di Menteng, Jakarta Pusat. Pria yang akrab disapa Ferry ini berkisah, awalnya ia berjualan memakai gerobak keliling. Hanya dalam kurun waktu lima tahun, bisnis siomay Ferry berkembang pesat. Saat itu, Ferry sudah memiliki sekitar 20 gerobak siomay.

Dua tahun kemudian, tepatnya pada 2007, Ferry mulai menawarkan kemitraan. Kini, Ferry memiliki 57 gerai Siomay Menteng. Kebanyakan berlokasi di Jakarta, Bogor, Depok, dan Tangerang. Membidik pembeli kelas menengah, Ferry mengaku Siomay Menteng memiliki rasa ikan tengiri asli. Rasanya bisa diadu dengan siomay lain, dan kami tidak memakai pengawet. Siomay Menteng menawarkan tiga paket kemitraan untuk jangka waktu lima tahun: paket Rp 5 juta, Rp 6 juta, dan paket Rp 7,5 juta. Setiap paket mendapat fasilitas gerobak dan tungku yang memuat 300 buah siomay. Paling banyak mitra memilih paket Rp 5 juta.

Dalam setiap paket tersedia peralatan dan perlengkapan yang berbeda. Contohnya, pada paket Rp 5 juta cuma disediakan gerobak, kompor satu tungku, panci, piring, dan sendok. Untuk paket Rp 6 juta disediakan gerobak yang sudah dipasangi kanopi.

Ada pun paket Rp 7,5 juta mendapat fasilitas tambahan gerobak yang dilengkapi kompor dua tungku. Jadi, satu tungku untuk siomay dan satu lagi untuk penggorengan. Selain biaya kemitraan yang murah, Siomay Menteng juga tidak menetapkan kriteria lokasi secara khusus. Yang penting lokasi usaha di kawasan pemukiman penduduk, atau bisa juga di pusat perbelanjaan kelas menengah, seperti ITC, Superindo, dan minimarket.

Siomay Menteng mematok harga Rp 2.000 sampai Rp 2.500 per siomay atau Rp 10.000 per porsi. Dari harga tersebut, rata-rata mitra usaha bisa mendapat omzet Rp 300.000 per hari atau sekitar 30 porsi per hari. Bahkan, menurut pengakuan Ferry, mitra Siomay Menteng di ITC Mangga Dua, Jakarta Utara, bisa meraup omzet Rp 800.000– Rp 1 juta per hari.

Laba bersih yang masuk ke kantong mitra sekitar 30% dari omzet. Margin bisnis ini cukup gede karena biaya operasional tidak terlalu besar. Selain itu, mitra juga tidak dibebani pungutan lain, seperti royalty fee atau franchisee fee. Jadi, semua keuntungan menjadi milik mitra. Mitra bisa balik modal dalam tiga bulan.

Contoh Outlet

Info Kemitraan

HUB:32324267 / 081384772025.

Source Waralaba Siomay Menteng Mengudap untung dari kenyalnya kemitraan siomay
Comments
Loading...