Waralaba SolChic

Waralaba SolChic

Mudah diolah serta harga terjangkau, banyak pengusaha kuliner menggali potensi daging ayam. Variasi olahan ayam pun terus berkembang karena daging unggas ini punya banyak penggemar.  Salah satunya, SolChic yang menyajikan menu ayam saus.

SolChic dirintis sejak Desember 2016. Kini, mereka sudah membuka lima gerai yang tersebar di Solo dan Purwokerto. SolChic menawarkan kemitraan. Sampai saat ini sudah ada 45 gerai mitra yang beroperasi. Lokasi gerai mitra ada di Malang, Mojokerto, Sragen, Boyolali dan kota lainnya.

Menu yang disajikan adalah ayam goreng krispi dengan tujuh pilihan saus. Misalnya, saus barbeque, lada hitam, dan sweet hot chili. Harga per potong ayam mulai dari Rp 7.000 sampai Rp 9.000, atau Rp 10.000 sampai dengan Rp 63.000 per paket.

Kelebihan produk SolChic terletak pada resep pribadi yang membuat ayam lebih gurih. Rasa saus diklaim terjamin sama di setiap gerai karena dimasak di pusat. Kemitraan SolChic bernilai Rp 250 juta. Fasilitas yang diperoleh mitra antara lain, perlengkapan memasak, perlengkapan resto, bahan baku, dekorasi, branding, pelatihan, sistem dan lainnya.

Mitra hanya menyiapkan lokasi seluas 75 m2 atau ruko. Kebutuhan karyawan sekitar 10 orang. Pusat mengutip biaya royalti 10% dari laba. Untuk menjaga kualitas, semua mitra wajib mengambil bahan baku utama dari pusat.

Sistem kemitraan ini adalah full management. Pemilik modal tak perlu repot lagi menjalankan usaha, cukup menunggu hasil laporan penjualan tiap bulan. Dengan sistem ini, pusat menerapkan sistem bagi hasil 60% untuk manajemen dan 40% mitra.

Mitra bisa balik modal cukup dalam enam bulan. Asalkan, penjualan gerai mencapai 600 porsi tiap hari, sehingga beromzet Rp 4,5 juta. Kisaran profit gerai sekitar 30%-35% dari omzet tersebut. Sepanjang tahun ini, SolChic menargetkan untuk mengoperasikan 100 gerai.

Sebenarnya banyak yang mau bergabung hanya lokasi calon mitra berada di daerah  pasarnya sudah ramai. Maklum, ada aturan dari pusat, di satu kabupaten tak boleh lebih dari satu gerai untuk menjaga persaingan tetap sehat.

Djoko Kurniawan, Konsultan Usaha menilai keputusan manajemen untuk menyasar pasar di kota-kota penyangga merupakan keputusan yang tepat, mengingat belum banyak usaha sejenis yang muncul disana. Begitu juga soal sistem dapur terpusat juga ia nilai tepat untuk menjamin rasa dan kualitas produk. Namun, saat manajemen tak punya dukungan transportasi yang cepat dan efisien untuk pengiriman, lebih baik membuka cabang dapur pusat.

Contoh Outlet

Info Kemitraan

SolChick

Jl MT Haryono No 13 Manahan, Solo, Jawa Tengah

HP. 081578327775

Source http://peluangusaha.kontan.co.id/ http://peluangusaha.kontan.co.id/news/mencocol-prospek-solchick-gerai-ayam-saus-dari-solo?utm_source=dable
Comments
Loading...