Waralaba Sosis Bakar Betawi (Sosis Babe)

Waralaba Sosis Bakar Betawi (Sosis Babe)

Sosis bakar merupakan makanan camilan yang cukup digemari masyarakat. Selain karena rasanya yang lezat, olahan daging ini juga dipercaya memiliki kandungan gizi yang baik. Mulai dari anak-anak hingga orang tua pun menggemarinya.

Salah satu pengusaha yang menggeluti bisnis ini adalah Yudha Prawira dengan brand Sosis Bakar Betawi atau Sosis Babe. Sejak tahun 2011, ia menjadi distributor berbagai merek sosis. Pada pertengahan 2014, mencoba membuat gerai sosis bakar aneka rasa dan langsung menawarkan kemitraan.

Sosis Babe pada April 2015 pemilik dengan nama panggilan Wira ini memiliki 25 mitra di Bekasi, Tangerang, dan Jakarta. Ia memiliki satu gerai di Manggarai, Jakarta Selatan. Saat ini, ia sudah tidak menawarkan kemitraan lagi.

Jumlah gerai mitra juga semakin sedikit, yaitu tinggal 9 gerai. Lima gerai di antaranya masih menggunakan brand Sosis Babe. Wira bilang, tren sosis bakar sudah lewat. Sosis Babe menawarkan beberapa rasa yakni original, blackpaper, ayam dan keju. Sosis-sosis tersebut tersedia dalam beberapa ukuran mulai dari 11 sentimeter (cm) hingga 30 cm. Harganya berbeda-beda mengikuti ukuran sosis, mulai Rp 6.000 hingga Rp 20.000 per porsi.

Waktu masih menawarkan kemitraan, Sosis Babe menyediakan dua paket dengan nilai  investasi Rp 2,7 juta dan Rp 3,7 juta. Yang membedakan dua paket itu hanya ukuran kompor. Pada paket Rp 3,7 juta, kompor yang didapat dua tungku dan paket Rp 2,7 juta hanya satu tungku. Mitra akan mendapat booth, alat promosi, 4 jenis bahan baku sosis masing-masing 5 kilogram (kg), saus sambal 1 kilogram, mayonaise 1 kg, saus barbeque 1 kg, serta aneka peralatan.

Wira menggunakan sistem beli putus dalam kemitraannya. Ia tidak mengutip biaya royalti. Namun bahan baku wajib dibeli dari pusat. Harga bahan baku sosis mulai Rp 60.000 hingga Rp 74.000 dengan isi 10 sosis-30 sosis per bungkus. Harga ini lebih murah 5%-10% dari penjual lain.

Agar bisa BEP dalam waktu sekitar 2 bulan, Wira menargetkan mitranya untuk bisa menjual 100 porsi per hari. Dengan itu, mitra akan mendapat omzet per bulan sekitar Rp 3,7 juta. Setelah dikurangi biaya operasional, gaji, dan lain-lain, keuntungan bersih yang bisa diraup adalah sekitar Rp 1 juta tiap bulan.

Contoh Outlet

 

Source Waralaba Sosis Bakar Betawi (Sosis Babe)
Comments
Loading...