Waralaba Sosis Dinamit

Waralaba Sosis Dinamit

Bisnis kuliner bukan barang baru bagi Agung Trisnandi. Pria yang akrab disapa Agung ini sebelumnya membuka usaha rumah makan khas Solo. Salah satu menu yang paling diminati adalah Sosis Solo. Kuliner otentik khas Solo ini memang sangat diminati. Dengan isian daging dan sayuran yang dibungkus dengan kulit lumpia dan digoreng ini memang memiliki rasa yang sulit dilupakan.

Memiliki resep andalan turunan keluarga, menginspirasi Agung Trisnandi membuka usaha Sosis Solo. Kuliner khas Solo yang sudah melegenda ini dikreasikan menjadi berbagai macam menu yang sangat menggiurkan dan modern.

Agung mengaku mengeluarkan modal sebesar Rp 100-150 juta yang digunakan untuk menyewa tempat, dekorasi, membeli perlengkapan masak, dan bahan baku awal untuk memulai usaha sosis yang diberi nama Sosis Solo di tahun 2012. Agung mengaku mendapatkan keahlian membuat sosis dari resep keluarga yang diwariskan turun-temurun yang telah dikembangkan baik secara komposisi bahan dan proses pengolahan.

Awalnya Sosis Solo mendapatkan respons yang kurang menggembirakan karena ukurannya yang kurang kecil. Namun setelah mencoba kelezatan Sosis Solo komentar miring tadi berubah menjadi pujian. Memasuki tahun 2013 Agung memutuskan untuk mengganti nama brand menjadi Sosis Mbah Kakoeng yang kemudian berganti nama lagi menjadi Sosis Dinamit seperti sekarang ini.

Agung sengaja memberi nama usahanya Sosis Dinamit karena ukuran Sosis Solo yang dibuatnya berukuran jauh lebih besar dari Sosis Solo pada umumnya. Bukan hanya itu, rasa pedas Sosis Solo dihadirkan membuatnya meledak dalam mulut konsumen. Tak heran ia pun memberi nama usahanya Sosis Dinamit. Agung mengatakan, Sosis Dinamit merupakan sosis basah khas Solo yang diolah secara higienis dan modern namun tetap mempertahankan cita rasa dan bumbu-bumbu tradisional.

Ada 4 macam produk Sosis Dinamit yaitu Sosis Tradisional yaitu sosis basah ayam khas Solo yang diolah dengan cara dikukus yang pemasarannya ditujukan untuk pasar tradisional dan khusus pesanan berbagai acara, Sosis Frozen Food yaitu produk sosis beku yang dipasarkan ke supermarket, Sosis Oleh-oleh yaitu sosis ayam yang diolah dengan cara dioven dan dikemas dalam plastic vakum yang hanya dibuat berdasarkan pesanan, Sosis Olahan Cepat Saji yang dipasarkan melalui gerai Sosis Dinamit baik outdoor maupun indoor.

Ada 3 pilihan rasa yang ditawarkan Sosis Dinamit yaitu sosis yang dioven dengan campuran bawang bombai dan sayuran segar yang disajikan dengan mayonnaise dan saus super pedas dengan topping keju, Sosis Steak yaitu sosis yang disajikan dengan saus steak black pepper lezat yang lebih kuat rasa ayamnya, Sosis Mini Dinamit yaitu sosis dengan tampilan dan rasa klasik sosis khas Solo dengan isian sayur, keju, dan mayonnaise, Chicken Coin berupa sosis ayam digoreng gurih manis nan crispy disajikan dengan saus cabe pedas atau pilihan rasa original, black pepper atau balado.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 8-14 ribu/porsi. Dalam sebulan, Agung mampu meraup omset Rp 10-20 juta. Agar lebih cepat berkembang Agung mengusung kerjasama kemitraan bagi siapa saja yang tertarik menjadi mitra usaha. Untuk itu Agung bergegas merumuskan SOP (standard operating procedure), dan mendaftarkan brand Sosis Dinamit ke Ditjen HAKI (Hak Kekayaan Intelektual), dan berada di bawah naungan CV. Mbah Kakoeng Prima Boga. Sejak diwaralabakan Januari 2014 ini, kini Sosis Dinamit telah memiliki 20 Mitra yang semuanya tersebar di Yogyakarta.

Modal Usaha Waralaba Sosis Dinamit

Ada 4 pilihan investasi yang bisa dipilih calon mitra usaha

  1. Mitra Jual Outdoor Rp 10 juta. Mendapatkan booth outdoor, peralatan memasak seperti kompor gas, tabung gas, selang, regulator, pan penggorengan, panci kecil, spatula, kuas, penjepit, pisau, saringan seragam karyawan, dan bahan baku awal.
  2. Mitra Jual Indoor Rp 30 juta. Mendapatkan peralatan seperti Mitra Jual Outdoor, yang membedakan adalah design booth, dan mendapatkan freezer.
  3. Mitra Utama Rp 80 juta. Mitra Utama merupakan Master Franchise yang berhak mengembangkan Sosis Dinamit di suatu wilayah. Mitra Utama mendapatkan masing-masing 1 paket Mitra Jual Outdoor dan Mitra Jual Indoor.
  4. Mitra Dana yang sangat cocok bagi karyawan yang ingin memiliki penghasilan tambahan tanpa harus repot menjalankan usahanya. Mitra Dana cukup menginvestasikan modal salah satu paket yang ditawarkan, tanpa repot mengelola usaha. Mitra Dana akan mendapatkan bagi hasil keuntungan bersih tiap bulannya.

Investasi tersebut belum termasuk sewa tempat dan berlaku untuk kontrak kerja sama selama 3 tahun yang dapat diperpanjang dengan biaya yang telah disepakati sebelumnya. Selanjutnya mitra usaha diwajibkan membeli produk Sosis Dinamit dari Pewaralaba dengan harga Rp 3 ribu/pcs untuk ukuran mini, dan Rp 6 ribu/pcs untuk ukuran standar. Untuk Mitra Utama akan mendapatkan diskon bahan baku sebesar 15%.

Usaha Waralaba Yang Cepat Balik Modal

Agung sangat optimis mitra usaha bisa balik modal dalam waktu 4 bulan. Dengan target omset Rp 7-22 juta/bulan yang setelah dikurangi biaya sewa tempat dan biaya operasional lainnya, maka mitra usaha akan mengantongi keuntungan bersih sebesar Rp 4-12 juta/bulan.

Untuk mencapai target tersebut Agung mengatakan faktor lokasi sangat berpengaruh. Lokasi yang cocok untuk membuka gerai Sosis Dinamit adalah di sekitar pemukiman penduduk, sekolah, kampus, atau foodcourt.

Pemasaran dan Kendala Usaha

Promosi yang sering dilakukan oleh Agung melalui Facebook, Twitter, dan website, menyebar brosur, hingga memasang iklan di media cetak. Kendala yang sering dihadapi dalam menjalankan usaha ini adalah masalah cuaca yang tidak bisa ditebak dan juga kenaikan harga bahan baku. Ditanya mengenai target dan rencana selanjutnya, Agung ingin menjaring lebih banyak mitra usaha di tahun 2016 agar produk Sosis Dinamit dapat dinikmati oleh seluruh warga Indonesia.

Contoh Outlet Sosis Dinamit

Info Lebih Lanjut

Sosis Dinamit
Jl. Wonosari KM 7, 3 Mantup, Yogyakarta
Telp : 085885629144
Email : sosisdinamit@yahoo.com
Web : www.sosisdinamit.com

Source Waralaba Sosis Dinamit Sosis Dinamit
Comments
Loading...