Waralaba Soto Dobrak

Waralaba Soto Dobrak

Soto termasuk salah satu kuliner khas nusantara yang akrab di lidah masyarakat Indonesia. Itu sebabnya, penjual soto dengan mudah bisa kita temui. Tak sedikit dari mereka yang mengembangkan usaha dengan menawarkan kemitraan atau waralaba.

Salah satunya Endro Kuswiyanto yang menawarkan kemitraan Soto Dobrak Samarian di Bali. Soto Dobrak Samarian sudah berdiri sejak Desember 2008 dan mulai menawarkan kemitraan April 2012. Saat ini, telah ada enam gerai. Lima di antaranya milik pusat, sedangkan satu gerai milik mitra. Seluruh gerai berlokasi di Bali. Kendati usahanya berlokasi di Bali, Endro mengusung menu soto khas Jawa Timur. Soto Dobrak menjajakan tiga plihan menu soto, yakni soto sapi kuah santan, soto ayam, dan soto ceker kuah bening. Kelebihan soto ini ada pada rasa kuah yang kaya rempah.

Selain soto, ada juga menu lain seperti nasi goreng, kwetiau goreng, dan ayam goreng. Untuk menjadi mitra Soto Dobrak, Anda harus menyiapkan biaya sebesar Rp 28 juta. Dengan biaya sebesar itu, mitra akan mendapat kontrak kerja sama selama lima tahun, standar operasional, pelatihan, bahan baku awal, serta perlengkapan produksi, dan perlengkapan makan.

Biaya tersebut belum termasuk sewa tempat serta dekorasi ruangan dan penyediaan kursi meja. Gerainya sendiri butuh tempat seluas 16 meter persegi. Jika dihitung dengan dekorasi dan kebutuhan tempat, mitra perlu menyiapkan dana Rp 20 juta hingga Rp 40 juta lagi.

Endro menargetkan, omzet mitra usahanya mencapai Rp 15 juta per bulan, dengan laba bersih 30% dari omzet. Dengan laba sebesar itu, mitra diperkirakan susah balik modal dalam waktu enam bulan. Jika dihitung dengan biaya dekorasi tempat, mitra diharapkan kembali modalnya dalam setahun. Setiap bulannya, Endro akan memungut royalty fee dari mitra sebesar 3% dari omzet. Dalam kerjasama ini, Endro juga mewajibkan mitra membeli bumbu langsung dari pusat. Hal itu demi menjaga standardisasi citarasa soto.

Contoh Outlet

Info Lengkap Hubungi

Alamat: Jl. Pintas Siligita, Benoa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali
Telepon: 0812-3675-181
Source Waralaba Soto Dobrak Soto Dobrak
Comments
Loading...