Waralaba On The Spot Coffee

Waralaba On The Spot Coffee

Kedai kopi ini di rintis oleh Eko Junaedi tahun 2006 di Bekasi. Untuk mengembangkan usahanya, ia membuka tawaran kemitraan di tahun 2010. On The Spot Coffee masih mengalami pertumbuhan usaha. Pada awal tahun 2013 kedai kopi ini sudah memiliki 23 gerai mitra yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Jawa, hingga Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Setahun berselang, Eko mampu menggaet lima mitra baru. Sehingga, total gerai yang dimilikinya 28 gerai.

Lokasi usahanya makin meluas hingga ke Bandung, Tasikmalaya dan Sumatera Utara.Kompetitor lain sudah banyak, jadi perkembangannya tak terlalu pesat. Untuk bisa bersaing dengan kompetitor, dia memiliki strategi dengan cara mengikuti selera konsumen. Ia mengklaim, cara ini mampu memfokuskan usahanya. Salah satunya adalah dengan merampingkan paket tawaran kemitraan.

Sebelumnya, On The Spot Coffee memiliki tiga paket kemitraan, yaitu paket bazar senilai Rp 4,9 juta, paket mini booth sebesar Rp 10 juta, dan paket mini kafe senilai Rp 50 juta. Sekarang, hanya tersisa satu paket kemitraan, yaitu mini booth dengan besaran investasi Rp 10 juta. Permintaan kopi pada paket mini kafe tidak terlalu tinggi, makanya ditutup. Sedangkan, paket bazar juga terlalu kecil. Jadi, pilihan yang paling pas adalah mini booth.

Sejak tahun lalu, ia juga sudah mengurangi beberapa varian rasa kopi. Menurutnya, saat ini Eko tidak lagi memproduksi varian rasa yang kurang di gemari masyarakat, seperti peppermint. Pengurangan varian rasa bisa menekankan biaya produksi. Dulu ada 15 varian rasa, sekarang cuma ada 9 rasa.

Tahun ini juga terjadi perubahan pada harga jual produk, lantaran inflasi. Satu cup kopi sekarang dibanderol seharga Rp 9.000, dari sebelumnya hanya Rp 7.000 per cup. Eko mengaku, tidak memasang target terlalu muluk untuk penambahan jumlah gerai pada tahun ini.

Tetapi saat ini ia masih gencar menjaring kemitraan. Menurutnya, sekarang ia akan lebih selektif mencari mitra. Pasalnya, berdasarkan pengalaman sebelumnya, banyak calon mitra yang tidak memiliki niat kuat untuk memajukan usaha On The Spot Coffee. Targetnya, gerai-gerai milik mitra bisa balik modal dalam waktu tiga bulan.

Info Lengkap Hubungi

Facebook : On The Spot Coffee

Source Waralaba On The Spot Coffee On The Spot Coffee
Comments
Loading...