Waralaba Tingkatkan Pemerataan dan Rasio Kewirausahaan

Waralaba Tingkatkan Pemerataan dan Rasio Kewirausahaan

Model bisnis waralaba (franchise) merupakan salah satu cara paling efektif untuk melahirkan wirausaha baru, sekaligus meningkatkan rasio kewirausahaan di Indonesia yang baru mencapai 3,1%. Saat ini, di Indonesia terdapat 62 juta lebih pelaku UMKM.

Dengan pertumbuhan ekonomi di atas 5%, angka tersebut sedianya sudah bagus, tetapi penyebarannya belum merata. Waralaba, menurut Muliadi, merupakan model bisnis yang cocok bagi UMKM karena memberikan peluang untuk dapat mengembangkan usaha. Sehingga penyebaran akan lebih merata.

Meliadi memaparkan waralaba merupakan bentuk kerjasama bisnis berjangka panjang yang menjadi bagian dari pola kemitraan. Kerjasama ini tak hanya memiliki tujuan ekonomi, namun juga sosial seperti masalah pemerataan kesejahteraan dan keadilan dalam berusaha.

Hal itu bisa terjadi karena di dalam bisnis waralaba terdapat penyatuan perencanaan bisnis, transfer sumber daya finansial, keahlian atau teknologi, antara usaha besar, menengah dan kecil. Maka dari itu, pelaku UMKM di daerah manapun diyakini dapat memiliki peluang besar untuk tumbuh lebih baik jika mengikuti skema franchise.

Dalam kesempatan sama, Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tjahja Widayanti mengatakan prospek bisnis waralaba sesuai dengan arah pembangunan ekonomi kerakyatan yang berkeadilan.

Skema waralaba, ucapnya, merupakan sistem usaha yang baik, karena dapat diterapkan bagi para pelaku usaha baru yang belum mampu berkembang sendiri. Dengan waralaba, kita bisa memulai sebagai entrepreneur. Ada transfer ilmu yang diberikan di sana. Memang tidak mudah, perlu fokus.

Di luar itu, waralaba merupakan salah satu rantai distribusi yang mampu membantu stabilisasi harga. Waralaba sudah memiliki sistem standar yang pasti dan itu dapat menjadi pembentuk harga komoditas di daerah sekitarnya.

Adapun, Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia Andrew Nugroho mennyebutkan bisnis waralaba dalam beberapa tahun terakhir berkembang sangat pesat. Terjadi lompatan pertumbuhan sebesar 20% dari 2016 ke 2017. (OL-4)

Source http://m.mediaindonesia.com/ http://m.mediaindonesia.com/read/detail/173298-waralaba-tingkatkan-pemerataan-dan-rasio-kewirausahaan
Comments
Loading...