Waralaba Total Resik

Waralaba Total Resik

Bisnis jasa kebersihan saat ini semakin berkembang. Banyak hunian seperti tempat tinggal, apartemen atau perkantoran dan hotel membutuhkan jasa profesional di bidang ini untuk membersihkan ruangan maupun peralatan mebel. Saat ini banyak bermuncukan jasa bersih-bersih yang menawarkan solusi untuk berbagai kebutuhan pembersihan.

Anang Pribadi yang menjadi salah satu pengusaha yang menyadari akan besarnya prospek bisnis ini dengan mendirikan usaha jasa kebersihan Total Clean sejak tahun 2008. Agar usahanya semakin berkembang, Anang memutuskan menawarkan kemitraan usaha di tahun 2012. Saat ini sudah ada delapan mitra yang tersebar di Madiun, Ponorogo, Ngawi, Lamongan, Sragen, Solo, Semarang, dan Jakarta.

Cakupan jasa kebersihan yang dia tawarkan mulai dari binatu, dry cleaning, membersihkan sofa, karpet hingga membersihkan noda di kamar mandi yang membandel. Ada tiga paket investasi yang dia tawarkan. Pertama, paket ekonomi senilai Rp 15 juta. Mitra akan mendapat satu mesin cuci dan satu pengering, peralatan usaha lain, seperti setrika uap, meja kasir standar, pelatihan karyawan, dan SOP. Pada paket ini mitra hanya berhak menjalankan usaha binatu kiloan.

Paket kedua senilai Rp 35 juta. Mitra akan mendapat jumlah peralatan yang lebih banyak dan mesin tambahan lainnya. Sebab, pada paket ini, mitra menawarkan jasa binatu yang lebih profesional dan juga dry cleaning. Paket ketiga senilai Rp 75 juta hingga Rp 100 juta. Mitra akan mendapatkan peralatan yang lebih banyak dan lebih lengkap seperti mesin pengering berkapasitas besar, peralatan kasir lengkap hingga software untuk kasir. Mitra pada paket ini menjalankan jasa yang juga komplit mulai dari laundry, pembersihan kamar mandi hingga melayani pembersihan karpet hotel.

Harga jasa beragam, tergantung luas ruangan dan jasa yang dipilih. Misalnya untuk salon kamar mandi dikenakan biaya Rp 450.000 hingga Rp 550.000 untuk kamar mandi seluas 6 m². Sementara untuk jasa home cleaning service, dikenakan tarif Rp 100.000 per dua jam. Harganya dibanderol sebesar Rp 5.000 per kg. Tidak ada biaya royalti, namun mitra harus membeli bahan baku utama seperti bahan kimia ke pusat.

Target omzet mitra bisa mencapai Rp 15 juta per bulan. Setelah dikurangi biaya gaji pegawai, sewa tempat, bahan baku dan biaya operasional lainnya, mitra diprediksi bisa balik modal dalam satu tahun hingga dua tahun. Syarat luas ruangan usaha minimal 3 m x 3 m dengan tiga orang karyawan.

Bije Widjajanto, pengamat waralaba dari Ben WarG Consulting berpendapat, calon mitra harus cermat mencari apa saja fasilitas yang diberikan pusat sebelum bergabung. Salah satu yang penting adalah dukungan usaha dari pusat di awal. Karena, ini menentukan keberhasilan usaha mitra.

Contoh Outlet

Info Kemitraan

CV. TotalIndo Excellent
Anang Pribadi
0351 472593
081234142221
www.totalresik.com
totalindo_excellent@yahoo.com
Source Waralaba Total Resik Total Resik
Comments
Loading...