Waralaba Waroenk Laundry

Waralaba Waroenk Laundry

Waroenk Laundry berdiri tahun 2009. Kukuh mulai menawarkan kemitraan Waroenk Laundry pada Maret 2011. Semenjak ditawarkan, Kukuh mengaku sudah ada 20 proposal masuk. Dalam waktu terdekat, Kukuh berencana akan meresmikan satu gerai mitra pertamanya di Bandung. Kukuh mengaku tidak akan menerima semua proposal. Itu karena dia tidak mengejar pertumbuhan mitra.

Kukuh mengklaim selalu menyeleksi serius calon mitra dan calon lokasi usaha. Kukuh tidak mau mitra gagal dalam usaha. Kukuh yakin usahanya mampu bersaing. Itu karena dialah yang pertama mengadopsi laundry kiloan yang buka 24 jam. Selain itu, dia juga mengaplikasikan konsep go green dengan menggunakan detergen ramah lingkungan dan pembungkus dari bahan baku kain bukan plastik. Waroenk Laundry juga menggunakan air dengan proses filterisasi untuk mencuci. Pelanggan juga diberi kebebasan memilih pewangi yang digunakan. Waroenk Laundry telah menggunakan komputer untuk data pelanggan.

Berbagai upaya promosi juga dilakukan seperti dengan mengirimkan SMS promosi ke pelanggan dan menyisihkan Rp 100 per kilo cucian yang akan diberikan bagi yang tidak mampu. Tarif laundry, yang terjangkau juga menjadi kelebihan sendiri.

Tiap kilogram (kg) cucian biasa dikenakan tarif Rp 5.000, sedangkan untuk cucian khusus seperti bed cover, boneka dan seprei dikenakan tarif Rp 8.000 per kg. Jika ada yang tertarik menjadi mitra Waroenk Laundry, Kukuh menarik biaya investasi sebesar Rp 49 juta untuk paket mini. Sedangkan paket standar investasinya Rp 79 juta dan paket medium Rp 107 juta. Masing-masing paket memiliki perbedaan jumlah mesin cuci dan pengering.

Jika paket mini hanya mendapat satu mesin cuci dan dua mesin pengering, paket standar mendapat dua mesin cuci dan tiga mesin pengering. Paket medium mendapat empat mesin cuci dan tiga mesin pengering. Tiap mesin cuci berkapasitas 60 kg per hari.

Selain mesin cuci, mitra juga akan mendapat komputer, renovasi tempat, training karyawan dan furnitur. Di luar biaya investasi, ada juga biaya Rp 6 juta untuk pengiriman peralatan. Dengan asumsi seluruh kapasitas cuci tercapai, maka jangka waktu balik modal diperkirakan di bawah enam sampai 11 bulan. Untuk menarik mitra, pada Mei ini kukuh bakal memberikan promosi berupa program cashback Rp 5 juta.

Konsultan Wirausaha dan Waralaba Khoerusalim Ikhlas mengatakan jasa laundrymasih akan bagus selama berlokasi di kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Namun karena baru berdiri dua tahun, Khoerussalim menyarankan agar Kukuh tidak terbawa nafsu pengembangan usaha. Branding, SDM dan sistem perlu diperkuat.

Contoh Outlet

Info Lengkap Hubungi

Waroenk Asis Solusindo

Jl. Bojongsoang Raya, Gang PGA No. 43, Bandung , Jawa Barat

Telp. 08562590322, 082128128822

Source Waralaba Waroenk Laundry Waroenk Laundry
Comments
Loading...